Please Help me .... !

Endang Suryadi
Para Master Aerio, tolongin dong! aku punya masalah sama aerio th. 2003 aku, udah kebengkel tapi tetep aja masalahnya nggak selesai.
Waktu pertama dihidupin (mesin masih dingin) aerio ku normal-normal aja, RPM nya kl 1200 yang lama kelamaan turun sampai batas 800 an (so normal kan?).  Masalahnya baru muncul begitu mobil dijalanin (tanpa ngidupin AC) sejauh 3 - 5 km RPM nya (kalau mobil berenti) antara 200 - 600, tarikan mesinnya mlempem apalagi kalau AC nya dihidupin lebih parah lagi (dalam keadaan berenti mobil kaya yang ndut-ndutan, gredeg-gredeg gitu) dan hampir-hampir nggak ada tenaga kalau mobil dijalanin. Terus, kalau dalam kondisi ini mobil terus jalan sejauh kl 10 km, RPM balik lagi ke normal 800 an gitu (AC dihidupin atawa dimatiin sama aja) dan tarikannya mantap.  Nah kondisi kayak gini terus berulang, artinya setelah nempuh jarak sejauh 3-5 km (dari kondisi RPM normal) RPM ngedrop lagi, setelah kl 10 km normal lagi. Kata bengkel (udah 2 bengkel didatengin) Fuel pump nya ganti! aku turutin, and nggak ada perubahan. terus Fuel pressurenya ganti! aku turutin, and sama aja nggak ngaruh, terus throttle bodynya ganti! aku turutin, and sami mawon.  So ... gimana dong solusinya? tolongin aku biar my dear aerio bisa normal terus.  Makasih banget buat yang ngasih solusi.

Re: Please Help me .... !

singachu
waktu kurang bertenaga, lampu check enginenya nyala ga ?

mungkin perlu colokin engine scanner sambil test jalan, biar mekaniknya baca kondisi saat symtomp terjadi bagaimana bacaan dari sensor2nya, barangkali dari sana ketahuan mana yang aneh.

btw warna businya gmn ?